Pak Raden Si Unyil Meninggal Dunia

Setelah berjuang melawan penyakitnya tokoh legendaris dalam serial Si Unyil yakni Pak Raden akhirnya menghadap sang Ilahi pada Jum’at malam pukul 22.20 wib. Pak Raden meninggal dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni Jakarta Barat.

 

rad

Kabar yang beredar menyebutkan jika almarhum meninggal dikarenakan penyakit infeksi paru paru. Sebelum menghembuskan nafas terakhir kondisi Pak Raden memang tidak stabil hingga akhirnya berpulang.

Setiba dari rumah sakit jenazah disemayamkan dirumah duka di Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat dan akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut pada hari Sabtu.

Nama Pak Raden terkenal berkat serial boneka si Unyil pada 1980 an. Pak Raden terkenal dengan kumisnya yang tebal, memakai blangkon dan mengenakan tongkat. Dia pun dikenal dengan sebutan legenda dongeng Indonesia. Kegemarannya menggambar sketsa pun menjadikannya dikenal dengan sebutan Maestro Sketsa Indonesia.

Pak Raden lahir dengan nama Suyadi lahir di Puger, Jawa Timur, 28 November 1932. Sebelum meninggal beberapa hari lalu Pak Raden juga mendapatkan penghargaan dari pen ghargaan Silet Award yang digelar RCTI. Lifetime Achievement Award pun diberikan pada seniman satu ini. Selain mendapat penghargaan Pak Raden juga mendapat hadiah berupa rumah.